Prosedur Mengurus KITAS Sesuai Peraturan

KITAS

KITAS merupakan sebuah dokumen identitas yang dipergunakan untuk tinggal secara berbatas di Indonesia selama jangka waktu tertentu. Biasanya kartu ini dipakai oleh orang yang hendak bekerja di Indonesia tetapi berstatus sebagai ekspatriat. Kartu ini dapat diperbarui jika memang diperlukan. Namun, untuk mengesahkannya harus mengikuti peraturan birokrasi yang berlaku. Berikut prosedur mengurus kartu izin tinggal yang sesuai dengan peraturan UU.

Prosedur dan Cara Mengurus KITAS

1. Mengenal Jenis Kartu Izin Tinggal

Ada beberapa jenis kartu izin tinggal yang berlaku di Indonesia. Pertama adalah visa pernikahan. Kartu ini didapatkan karena seseorang telah terikat secara formal dalam sebuah pernikahan di luar negeri, kemudian ingin tinggal di Indonesia. maka harus mengurus permohonan izin. Ada juga visa pensiun untuk para TKI yang ingin kembali ke dalam negeri.

Yang paling banyak dibutuhkan adalah visa kerja. Visa ini digunakan seseorang sebagai salah satu payung hukum yang mencatatnya secara resmi sebagai warga negara. Visa kerja nantinya akan menjadi KITAS jika orang tersebut hendak tinggal dalam waktu lebih lama. Pengurusan secara administrasi berhubungan langsung dengan Kementerian Tenaga Kerja.


2. Proses Pra Izin 

Sebelum mengurus kartu  izin tinggal, pertama Anda harus mengurus proses pra izin terlebih dahulu. Izin ini ditujukan kepada organisasi atau instansi yang menaungi tenaga kerja. Setelah itu, dilakukan pemaparan wawancara dari kementerian bersangkutan. Apabila proposalnya diterima kementerian, maka izin dianggap telah diterima.


3. Proses Persetujuan Izin

Setelah mendapatkan izin, barulah Anda bisa memproses KITAS ke langkah selanjutnya. Namun namanya masih belum berubah kartu izin, melainkan visa. Ada tahapan tertentu yang harus dilakukan untuk menjadikan visa sebagai kartu izin tinggal. Termasuk di antaranya Anda dikenakan biaya administrasi untuk pendaftaran.


4. Persetujuan VITAS

Setelah pengurusan izin selesai, langkah selanjutnya adalah persetujuan VITAS. Anda bisa mengurusnya kepada kantor imigrasi agar bisa diapprove izin tinggal selama jangka waktu tertentu. Biasanya proses persetujuan ini membutuhkan waktu sekitar 5 hari kerja. Jika sudah selesai, VITAS akan dikeluarkan oleh pemerintah untuk diberikan kepada yang mengajukan.


5. Pengurusan Kartu Izin Tinggal

Setelah VITAS selesai, selanjutnya baru Anda bisa mengurus KITAS. Langkah pertama adalah ketahui dulu apa saja persyaratan umum yang dibutuhkan. Misalnya pengisian formulir, fotokopi paspor yang asli dan fotokopi, dokumen perjalanan (bisa berupa VITAS), dokumen surat izin tinggal yang asli dan fotokopi (jika untuk perpanjangan), dan lain-lain.

Anda juga diharuskan melengkapi berkas administratif mendasar seperti KTP pengaju dan penjamin, surat penjaminan bermaterai, surat keterangan untuk izin tinggal, serta surat kuasa apabila yang mengurusnya pihak lain. Selain persyaratan dokumentatif, ada pula persyaratan khusus bagi investor atau tenaga ahli yang hendak mengajukan kartu izin tinggal.

Prosedur pendaftaran kartu izin tinggal dilakukan di kantor imigrasi. Petugas akan memeriksa seluruh kelengkapan dokumen yang dibawa, beserta memastikan keasliannya. Setelah itu formulir pengajuan akan ditandatangani oleh kepala kantor. Proses pengecekan dan lain-lain membutuhkan waktu sekitar 4 hari. Jadi memang lebih mudah menggunakan layanan seperti permitindo.com jika tidak sempat mengurusnya mandiri.

Setelah empat hari, data biometrik dan digital yang telah disetujui akan diberikan kepada pihak pengaju. Inilah yang kemudian menjadi data kartu izin tinggal. Apabila sudah dicetak dan ditandatangani, maka sudah menjadi kartu izin tinggal yang mempunyai nilai hukum.

Itulah informasi mendasar seputar Indonesia KITAS beserta prosedur pengurusannya. Kartu ini dibutuhkan sebagai syarat administrasi agar seseorang diakui secara hukum bisa tinggal dan menetap di Indonesia selama jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, penting mengurusnya terutama bagi para pekerja yang berstatus ekspatriat. Anda pun bisa mengurus kartu ini secara mandiri atau menggunakan jasa terkait.

Tidak ada komentar untuk "Prosedur Mengurus KITAS Sesuai Peraturan"