Review Motor Yamaha XMAX Spesifikasi dan Harga

 

Review Motor Yamaha XMAX Spesifikasi dan Harga

Pertama kali diperkenalkan pada ajang Indonesia Motor Show (IMOS) 2016, Yamaha XMax turut mengisi pasar skutik bongsor dengan kapasitas 250cc mengikuti kesuksesan pendahulunya, yakni Yamaha NMax yang menggendong mesin 155cc, tentu saja XMax hadir dengan berbagai kelebihan dari berbagai aspek. 

Mengembang konsep aerodinamis menjadikan motor ini memiliki tampilan yang sporty nan tangguh. Selain itu, dengan mesin berkapasitas 250 cc yang memiliki performa tangguh dan powerfull ketika berkendara, XMax juga merupakan motor matic Yamaha yang termurah di kelas 250 cc. 

Selain itu sektor desain dan kapasitas mesin yang besar. Fitur lain yang ditawarkan motor ini adalah teknologi dan fitur-fitur yang disematkan oleh insinyur Yamaha pada motor ini. Salah satunya dengan teknologi Auto Brake System (ABS) pada sistem pengereman motor ini. Untuk lebih detail, simak ulasan lengkap kami mengenai spesifikasi dan harga Yamaha XMax terbaru di bawah ini :

Review Yamaha XMax

Design

Design Yamaha XMax dapat dikatakan mengadopsi dari Yamaha XMax 300 yang secara khusus dipasarkan di benua Eropa. Tampilan keseluruhan motor ini sangat mencerminkan motor penjelajah khas benua Eropa, yang menggambarkan kenyamanan dan kehandalan saat berkendara. 

Pada bagian depan, pabrikan berlogo garpu tala ini memiliki dua headlamp dan dua stop lamp kembar pada bagian belakang. Pada bagian atas headlamp, terdapat windscreen yang dapat kamu atur ketinggiannya secara manual hingga 50 mm dari posisi semula. Selain itu, kamu juga dapat melakukan penyesuaian handlebar motor ini sesuai dengan preferensi gaya berkendara kamu. 

Pada cockpit pengendara, motor ini memiliki ketinggian tempat duduk 795 mm atau 20 mm lebih tinggi daripada Yamaha NMax. Sehingga bagi kamu yang memiliki tinggi badan kurang dari 170 cm akan sedikit berjinjit saat mengendarai motor ini. Design floorboard motor ini dipisahkan oleh spar pada bagian tengah yang berfungsi sebagai tangki bahan bakar yang dapat menampung hingga 13 liter, hal ini membuat kamu harus mengayunkan kaki sedikit lebih tinggi daripada Yamaha NMax.

Desain jok Yamaha XMax memiliki ukuran yang lebar, panjang dan memiliki bantalan yang empuk sehingga memberikan kenyamanan berkendara yang ditunjang dengan ruang duduk pengendara yang lapang memberikan keleluasaan bergerak dan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang. Pada bagian bagasi di bawah jok, kamu mungkin akan terkejut karena ukuran yang sangat luas, bahkan Yamaha mengatakan bahwa kamu dapat memasukan dua buah helm full face ukuran XL pada bagasi motor ini. 

Bagian body belakang motor ini memiliki garis lekukan tegas yang semakin menegaskan kesan sporty Yamaha XMax. Selain itu, keputusan Yamaha tidak memberikan stripping, alih-alih emblem Yamaha XMax pada body belakang juga menjadikannya sangat elegan. 

Kemudian, pada buritan motor ini, kamu akan mendapati design stoplamp yang memiliki desain futuristik dengan membentuk huruf X sebagai akronim dari XMax.

Mesin

Yamaha XMax mengusung mesin empat langkah, berpendingin cairan, SOHC dengan silinder tunggal berkapasitas 250 cc yang akan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan karena mesin motor ini dapat memberikan daya maksimum 16,8 Kw pada 7.000 RPM dan torsi maksimum 24,3 pada 5.500 RPM yang memungkinkan motor ini mencapai kecepatan maksimum 128 km/jam.

Yamaha juga membenamkan teknologi khas mereka, Blue Core pada motor ini. Perangkat ini akan membuat proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih optimal, sehingga konsumsi bahan bakar lebih efisien hingga 50 persen, namun tenaga yang dihasilkan tetap optimal. Oleh karena itu, sejak pertama kali diperkenalkan sudah banyak yang meramalkan bahwa Yamaha XMax akan menjadi pilihan utama pecinta motor penjelajah.

Suspensi & Kaki-kaki

Pada sektor kaki-kaki, Yamaha XMax memiliki jarak antar sumbu roda 100 mm lebih panjang daripada NMax dan 40 mm lebih pendek dari TMax. Hal ini memberikan kenyamanan kamu saat melakukan cornering.

Pada bagian suspensi, Yamaha menyematkan suspensi depan dengan tipe teleskopik dan bagian belakang dengan tipe unit swing, yang bekerja sama memberikan kenyamanan saat melewati medan jalan bergelombang karena mampu meredam getaran dengan sempurna saat melakukan manuver maupun saat menghadapi medan jalan yang tidak rata.

Kemudian pada sisi roda, pabrikan garputala ini menyematkan velg cast wheel dengan ukuran 15 inci yang dibalut dengan ban ukuran 140/70-14M/C 62P pada bagian belakang dan 14 inci dengan ban ukuran 120/70-15 M/C 56P untuk bagian depan.

Untuk sistem pengereman, Yamaha XMax mengusung sistem pengereman Disc Brake dengan teknologi Auto Brake System pada bagian depan dan belakang motor ini sehingga deselerasi kamu akan sangat lembut. Selain itu, Yamaha juga menyematkan teknologi Traction Control System yang dirancang untuk mengurangi risiko ban belakang selip saat kamu melakukan pengereman mendadak.

Teknologi & Fitur Lainnya

Dengan harga yang ditawarkan motor ini, sudah pasti membuat kamu bertanya-tanya selain hal-hal di atas apa saja yang menjadi kelebihan motor ini. Untuk itu, tidak lengkap rasanya untuk tidak membahas teknologi dan fitur lainnya yang terdapat pada motor ini.

Pada sisi panel meter, speedometer analog yang dikombinasikan dengan LCD digital dengan Multi Information Display yang memberikan informasi kepada pengendara seperti Indikator bahan bakar, temperatur mesin, Indikator ABS, Indikator Traction Control System, Odometer, dan Speedometer. 

Yamaha juga memberikan Electric Power Socket pada bagasi depan untuk memudahkan kamu melakukan isi ulang baterai smartphone selama perjalanan. Sehingga, tetap dapat mengakses google maps atau waze ketika melakukan perjalanan touring tanpa khawatir baterai akan habis.

Selain itu, pada sisi keamanan, motor ini telah menggunakan Keyless Ignition System, sehingga bagi kamu yang memiliki kebiasaan lupa dimana memarkirkan kendaraan di pusat keramaian dapat dengan mudah mengetahui letak posisi kendaraan, hanya dengan menekan tombol yang terdapat pada kunci kontak motor ini.

Spesifikasi Yamaha XMax

MESIN


Tipe MEsin

Liquid Cooled 4-stroke, SOHC

Jumlah Silinder

Single Cylinder

Diameter x Langkah

70,0 x 64,9 mm

Perbandingan Kompresi

10.5±0.4 : 1

Daya Maksimum

16,8 Kw/7000 rpm

Torsi Maksimum

24,3 Nm/5500 rpm

Sistem Starter

Electric Starter

Sistem Pelumasan

Wet Sump

Kapasitas Oli Mesin

Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L

Sistem Bahan Bakar

Fuel Injection

Tipe Kopling

Single Dry Clutch

Tipe Transmisi

Full Automatic

DIMENSI


P X L X T

2185mm X 775mm X 1465

Jarak Sumbu Roda

1540mm

Jarak Terendah Ke Tanah

135mm

Ketinggian Tempat Duduk

795mm

Berat Isi

179 KG

Kapasitas Bahan Bakar

13 Liter

RANGKA


Tipe Rangka

Underbone

Suspensi Depan

Teleskopik

Suspensi Belakang

Unit Swing

Ban Depan

120/70-15 M/C 56P

Ban Belakang

140/70-14M/C 62P

Rem Depan

Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

KELISTRIKAN


Sistem Pengapian

TCI

Baterai

GTZ8V

Tipe Busi

LMAR8A-9


Harga Yamaha XMax

Setelah membahas spesifikasi motor ini, kini saatnya kita membahas Harga Yamaha XMax, dengan desain aerodinamis yang menonjolkan kesan tangguh dan sporty, kemudian ditunjang dengan performa mesin responsif serta teknologi dan fitur pendukung lainnya. Menjadikan motor ini pantas untuk berada di garasi rumah kamu. 

Sebagai informasi, Yamaha XMax tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Matte Blue, Matte Black, Matte Silver, Matte Red dan Matte Yellow. Lantas berapa harga Yamaha XMax? untuk Harga Yamaha XMax Rp 55.000.000

Tidak ada komentar untuk "Review Motor Yamaha XMAX Spesifikasi dan Harga"