REVIEW: Kymco X-Town 250i, Si Bongsor Asal Pabrikan Jepang

Review Motor Kymco X-Town 250i

 

Kymco semakin menunjukkan dirinya siap bersaing di pasar sepeda motor Tanah Air. Pabrikan asal Taiwan itu memboyong skutik bongsor X-Town 250i dan diperkenalkan resmi ke media, Sabtu (11/7/2020) lalu. Ia bakal berhadapan dengan kompetitor semacam Yamaha X-Max, serta Honda Forza. Lantaran memiliki spesifikasi dan nilai jual hampir sepantar, Rp 62,5 juta OTR Jakarta.


Bagi yang getol mencari tahu soal Kymco, mungkin bakal menyangka X-Town menggantikan peran Downtown 250i di Indonesia. Nyatanya mereka ada di segmentasi berbeda, meski berdekatan. X-Town diposisikan sedikit di bawah, dengan bekalan jantung pacu tak sebaik kakaknya. Tapi justru dijejali fitur keamanan lebih lengkap.


"X-Town sendiri perannya bukan menggantikan Downtown. Mereka bakal tetap ada, sebab segmentasinya berbeda. Desain dan karakter mesin pun dibuat diferensiasi. Pada X-Town ada penekanan di beberapa aspek, supaya harga jualnya masuk di market Indonesia. Meski begitu, ia sudah punya ABS dua kanal. Tak seperti Downtown," kata Marwan, General Manager Marketing PT. Smart Motor Indonesia menjawab pertanyaan media.

Desain


Rancang bangun dan gaya X-Town sedikit berbeda dengan Downtown 250i. Boleh dibilang tak begitu brutal. Desain yang dinamis, agresif dan sporty adalah beberapa hal yang sangat disukai oleh konsumen Maxi Scooter di Indonesia. Fitur kenyamanan juga menjadi salah satu hal penting yang tidak bisa lepas dari sebuah Maxi Scooter.


Semua dibuat proporsional, sporty, mengotak, hal yang mudah disukai pasar Tanah Air. Dimensi besar dan bodi berotot juga menjadi nilai jual dari skutik 250cc baru ini.

Kelengkapan


Kelengkapan dasar memenuhi kriteria para pecinta touring. Jok benar-benar lebar serta panjang, ditambah undakan pemisah antara keduanya bisa dijadikan sandaran punggung. Dan area lantai tentu lega, kaki pengendara dapat merubah layaknya skutik Maxi. Nyaman dibawa jalan jauh.


Area bagasi juga besar, lebih besar dari Downtown 250i. Cukup memuat satu helm full face, sekaligus satu helm half face secara bersamaan. Dalam kondisi terisi begitu, masih tersisa ruang di tengah untuk dimasukkan beberapa barang lagi.

Fitur


Fitur modern seperti ABS dua kanal, DRL, LED di lampu belakang, sampai panel instrumen digital informative turut tersedia. Kymco X-Town 250i mempunyai lampu belakang yang khas, “Maxi Feature Taillight”. Lampu belakang LED berbentuk huruf X dengan kombinasi lampu LED menjadikan khas X-Town selain meningkatkan visibilitas selama berkendara di malam hari.


Sayangnya belum ada opsi keyless, atau kontrol traksi. Tapi gendongan mesinnya patut diacungi jempol. Jantung 249 cc SOHC injeksi mampu melontar tenaga 20,6 hp @6.500 rpm serta torsi 21,5 Nm @6.500 rpm.


Spesifikasi Lengkap Kymco X-Town 250i:


MESIN

Tipe Mesin

249,1 cc, SOHC, FI

Diameter x Langkah

Ø72,7 x 60 mm

Maks. Tenaga Mesin

15,4 kW @6500 rpm

Maks. Torsi Mesin

21,5 Nm @6500 rpm

Sistem Pendingin

Berpendingin Cairan

DIMENSI

Panjang

2235 x 780 x 1370 mm

Jarak ke Tanah

135 mm

Berat Kosong

195 Kg

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

12,5 liter

RANGKA

Tipe Rangka

Underbone

Suspensi Depan

Telescopic Fork

Suspensi Belakang

Double Swing Arm

Ban Depan

Tubeless 120/80-14

Ban Belakang

Tubeless 150/70-13

Rem Depan

Disk Brake 3 piston [ABS>

Rem Belakang

Disc Brake 2 piston [ABS>


Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai Review Motor Kymco X-Town 250i. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda untuk membeli motor yang satu ini.

Tidak ada komentar untuk "REVIEW: Kymco X-Town 250i, Si Bongsor Asal Pabrikan Jepang"